Ahlan wa Sahlan

" Selamat Datang di Blog Manto Abu Ihsan,...Silahkan kunjungi juga ke www.mantoakg.alazka.org

Manto Abu Ihsan " Hadir untuk perubahan"

Manto Abu Ihsan " Hadir untuk perubahan"
H.Sumanto, M.Pd : " Siap membantu dalam kegiatan Motivation Building, Spiritual Power, Get Big Spirit and Character Building."

Sunday, October 17, 2010

OUTLINE MATA KULIAH PENGANTAR STUDI ISLAM

PENGANTAR STUDI ISLAM

I. IDENTITAS
A. DOSEN :
1. Nama : SUMANTO,M.Pd
2. Telp./HP : 0218884745/08179102304
3. Alamat Rumah : PONDOK UNGU PERMAI
Blok AM 12 No. 1 Bekasi

B. MATA KULIAH
1. Nama : PENGANTAR STUDI ISLAM
2. Jurusan : Pendidikan Agama Islam
3. Semester : (V) / Ganjil
4. Bobot : 2 SKS


II. DESKRIPTIF MATERI KULIAH

Secara Sistematik, mata kuliah ini di awali dengan Pembahasan tentang pengertian dan visi studi islam, yang diikuti dengan pembahasan tentang kedudukan agama dalam kehidupan budaya manusia, yang merupakan pembahasan tentang latar belakang turunya islam sebagai agama samawi terakhir, yang final dan sempurna sebagai “ ni’matan wa rahmatan li al – ‚alamin“. Kemudian diikuti dengan pembahasan dan analisis tentang potensi islam dalam menjawab tantangan zaman yang pembahasannya meliputi pengertian islam dan ciri-ciri ajaaran-ajarannya serta implikasinya terhadap kehidupan ummat, Al-Quran sebagai sumber dasar ajaran Islam, al-sunah sebagai sumber dasar operasionalnya, dan ijtihad sebagai sumber dasar dinamika ajaran-ajaran serta budaya dan peradaban islam. Akhirnya dibahasa dan dianalisis tentang islam dan berbagai dimensi sejarah, aqidah & akhlaq, ibadah dan syariah, dimensi filsafat, kebudayaan dan peradaban, serta dimensi ukhuah islamiyah.


III. PETA KONSEP
Akan disajikan dalam file khusus

IV. Kompetensi Dasar
Setelah perkuliahan selesai mahasiswa dapat :
1. Memahami dan menjelaskan secara kritis tentang Urgensi, Tujuan & Pendekatan Studi Islam.
2. Memahami dan menjelaskan tentang agama dalam kehidupan budaya manusia.
3. Memahami dan menjelaskan secara kritis Potensi islam dalam menjawab tantangan zaman
4. Memahami dan menjelaskan tentang Islam dan berbagai dimensinya.

V. Materi Perkuliahan
1. KONTRAK BELAJAR
1] Konsep MAP
2] Desain materi kuliah
3] Pokok Bahasan dan Referensi
4] Sistem Penilaian
5] Strategi Pembelajaran ( Mandiri, tatap muka & Tugas terstruktur)

2. Materi Pendahuluan
1] Pengertian Studi Islam
2] Urgensi Studi Islam
3] Tujuan Studi Islam
5] Pendekatan danmetode Studi Islam
Referensi: Muhaimin, Tadjab & Abdul Mujib, 1994, Dimensi Studi Islam, Karya Abditama, Surabaya, hal, 11-23

3. Agama dalam Kehidupan Budaya Manusia
1] Fenomena Agama dalam kehidupan manusia
2] Mencari Pengertian Agama
3] Klasifikasi Agama, Samawi & Agama Budaya
4] Perkembangan Agama & Kehidupan Budaya manusia.
5] Kedudukan dan fungsi Agama dalam sistem budaya dan
peradaban Moderen
Referensi: Muhaimin, Problematika Agama Dalam Kehidupan Manusia, Jakarta, Kalam Mulia, 1989, Hal. 1-5.

4. Potensi Islam dalam Menjawab Tantangan Zaman
1] Penamaan Islam dan implikasi dalam kehidupan manusia.
2] Universalitas, Orientasi dan Dinamika Ajaran Islam
3] Al-Qur’an sebagai sumber dasar nilai dan Normal Dalam Islam
4] As Sunnah/Hadits sebagai Dasar Operasional nilai dan Norma dalam Islam.
5] Al-Ijtihad sebagai Sumber Dinamika nilai dan Norma dalam Islam.
Referensi: H.A Mukti Ali, Memahami Beberapa Aspek Ajaran Islam, Bandung, Mizan 1991, hal. 49-60. Dan Muhaimin, Dimensi Studi Islam, Surabaya, 1994, hal. 71-209
5. Islam & Berbagai Dimensinya
1] Islam dalam lintasan Sejarah.
2] Dimensi Aqidah & Akhlaq dalam Islam
3] Dimensi Ibadah & Syariah dalam Islam
4] Dimensi Syariah dalam Islam
5] Dimensi Filsafat dalam Islam
6] Dimensi Kebudayaan Dalam Islam
7] Dimensi Persaudaraan ( Ukhuah) dalam Islam.

Referensi: Ibnu Taimiyah, Aqidah Islamiyah Men Barnu Taimiyah, Bandung, Al Ma’arif, 1983, hal. 9 . Dan Muhaimin, Dimensi Studi Islam, Surabaya, 1994, hal.221-323.




VI. SISTEM PENILAIAN

NO KOMPONEN BOBOT Ket.
O1 KEHADIRAN 10%
02 TUGAS KELOMPOK/MANDIRI 10%
03 PARTISIPASI/KEAKTIFAN DI KELAS 10%
04 UJIAN TENGAH SEMESTER 30%
05 UJIAN SEMESTER 40%
TOTAL 100%


VII. STRATEGI PEMBELAJARAN
Kegiatan perkuliahan, lebih banyak didasarkan pada collaborative learning, meskipun demikian individual learning tetap akan digunakan sesuai dengan tujuan dan materi yang dipelajari. Untuk itu, “alternatif strategi” perkuliahan yang digunakan di antaranya sebagai berikut:
1. Interactive lecturing
2. Presentation & Active Debate
3. Student-Created Case Studies
4. Small Group Discusion
5. Studi kritis
Strategi pembelajaran ini, dapat berubah sesuai dengan perkembangan materi dan metode serta kesepakatan dengan mahasiswa.

VIII. PEMBAGIAN MATERI & TUGAS KELOMPOK

1. Kelompok I

Materi : Agama dalam Kehidupan Budaya Manusia
Identifikasi Masalah / Kasus :
1. Buatlah resume dari berbagai sumber tentang fenomena Agama dalam kehidupan manusia ! dan berikan ulasan/telaahnya menurut anda.
2. Apa Pengertian Agama dan apa landasan filosofi manusia memerlukan Agama ?
3. Jelaskan yang dimaksud dengan Agama Samawi dan Agama Budaya, berikan ulasannya dengan berbagai referensi !
4. Bagaimana perkembangan Agama dan kehidupan Budaya manusia ! Bua paparan mengenai hal tersebut !
5. Bagaimana kedudukan dan Fungsi Agama dalam system budaya dan peradaban Modern ?

2. Kelompok II

Materi : Potensi Islam Dalam Menjawab Tantangan Zaman (Bag-1)
Identifikasi Masalah / Kasus :
1. Jelaskan dan berikan paparan yang dimaksud dengan ma’rifatul Islam dan Implikasinya dalam kehidupan Manusia ?
2. Apa yang dimaksud dengan Islam bersifat Universal, dan bagaimana otentitas dan dinamika ajaran Islam ?
3. Jelaskan dan berikan paparan yang dimaksud dengan Ma’rifatul Qur’an ( pengertian, fungsi, dan makna Al-Quran dalam Kehidupan Manusia ) !
4. Bagaimana Metodologi menafsirkan Al-Quran !
5. Tunjukan bukti-bukti otentisitas Al-Qur’an !

3. Kelompok III

Materi : Potensi Islam Dalam Menjawab Tantangan Zaman (Bag-2)
Identifikasi Masalah / Kasus :
1. Jelaskan Pengertian As-Sunnah/Hadits da n apa perbedaan Hadits Qudsi & Al-Qur’an ?
2. Bagaimana kedudukan Hadits Qudsi danAl-quran ?
3. Jelaskan klasifikasi dan tingkatan/derajat suatu hadits
4. Jelaskan yang dimaksud dengan Al-Ijtihad dan apa urgensi dan kedudukannya dalam HUkum Islam ?
5. Apa syarat-syarat mujtahid dan jelaskan sebab-sebab yang menimbulkan perbedaan hasil-hasil it-tihad ?

4. Kelompok IV
Materi : Islam dan Berbagai Dimensinya (Bag-1)
Identifikasi Masalah / Kasus :
1. Jelaskan periodesasi sejarah Islam dan apa peristiwa yang terjadi pada masing-masing periodesasinya !
2. Apa yang dimaksud dengan Aqidah & Akhlaq dalam Islam jelaskan prinsip-prinsip dari masing-masing !
3. Jelaskan pengertian Ibadah dan Syariah dalam Islam, dan jelaskan pula pengertian dari Ibadah Mahdoh dan Ghoiru Mahdoh ?
4. Apa tujuan Syariah dan Ibadah dalam Islam ?
5. Bagaimana cara menegakkan syariah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan jelaskan pula pengertian Khilafah Islamiyah ?

5. Kelompok V
Materi : Islam dan Berbagai Dimensinya (Bag-2)
Identifikasi Masalah / Kasus :
1. Jelaskan pengertian Filsafat dan Cabang-cabangnya, jelaskan pemikiran dari beberapa tokoh-tokoh filosof Islam ?
2. Jelaskan ruang lingkup budaya Islam dan cirri-cirinya !
3. Jelaskan makna dan bentuk Ukhuwah Islamiyah !
4. Jelaskan prinsip-prinsip Ukhuwah Islamiyah !
5. Bagaimana membangun Ukhuwah Islamiyah !


6. Kelompok VI
(KELOMPOK BARU/TAMBAHAN)
Materi : Pengantar Studi AQIDAH ISLAM
Identifikasi masalah / kasus :
1. Jelaskan dan berikan contoh kasus Penyimpangan yang terjadi pad Ummat Islam dalam memahami AlQur’an dan As-Sunnah dalam bidang AQIDAH ?
2. Apakah yang dimaksud dengan Bid’ah dan sunnah, jelaskan dengan berbagai contoh yang terjadi dalam kehidupan masyarakat islam fenomena tersebut !
3. Apa yang anda ketahui dengan makna taukhid, dan Jelaskan perilaku dalam kehidupan dalam masyarakat yang bertentangan dengan taukhid ?
4. Jelaskan Bagaimana konsep wala wal bara’ dalam Islam ?
5. Jelaskan makna syahadat dan bagaimana aplikasinya dalam kehidupan dalam masyarakat ?

Referensi :Pengantar Studi Aqidah Islam, Dr. Ibrahim Muhammad Bin Abdullah Al-Buraikan, alih Bahasa : Ust. Anis Mata, Penerbit Rabbani Press, Jakarta.


Catatan :
1. Mahasiswa dapat mengambil telaah kasus dari berbagai referensi, tunjukkan referensi yang diambil.
2. Tugas diketik dengan spasi 1,5 dan font Arial, size 12 dan ukuran kertas A4.
3. Hasilnya dipresentasikan secara bergantian dalam satu kelompok dengan durasi waktu 30 menit, dan tanggapan 30 menit.
4. Penilaian mencakup penyajian, bobot materi, kesiapan dalam mempresentasikan , keaktifan mahasiwa dalam menanggapi, & kemampuan beragumentasi.


Bekasi, 1 Oktober 2010
Dosen Pengajar

Sumanto, M.Pd

No comments: